Name :
Web URL :
Message :

Selasa, 15 Juni 2010

Menjaga Kesehatan Otak

menjaga kesehatan otak
Seperti yang anda tau, bahwa otak merupakan salah satu organ vital dalam tubuh, bisa diibaratkan dengan CPU pada komputer. Di dalam otak manusia, diperkirakan terdapat 1 triliun sel otak (1.000.000.000.000) [wow! Kalo jadi uang, busyeet, baaanyak banget yaa?]. Menurut hasil penelitian, manusia hanya menggunakan kemampuan otaknya cuma 4-5% saja! Kira-kira, brapa ya kapasitas otak tuh? Berapa Tera Bit? Hmm.. :? Otak akan terus bekerja walaupun saat anda tidur! Lhoo, kok bisa? Otak kerjaannya gak Cuma mikir aja, tetapi lebih dari itu! Seperti mengatur kerja hormon, bla bla blaa..[kepanjangan kalo di sebutkan satu per satu] tapi kalau saat tidur, mungkin kerja otak agar relax. Tentunya ada beberapa cara yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan otak dan agar tidak cepat pikun. Cekidot ! ;-)

  1. Mengkonsumsi Nutrisi yang Dibutuhkan Otak
Seperti anggota tubuh yang lainnya, otak juga perlu nutrisi. Lakukan tidur dan istirahat yang seimbang (tidak belebihan, juga tak kekurangan), tidak menggunakan obat-obatan secara berlebihan, dan hindari stress!

Jenis makanan yang sudah dibuktikan oleh penelitian untuk memperbaiki fungsi otak seperti, alpukat, keju, susu, kentang, yoghurt, ikan salmon, ikan tuna, bayam, kedelai, telur, pisang, gandum, ayam, brokoli.

And sebisa mungkin kurangi atau bahkan tidak mengkonsumsi alkohol, nikotin, zat adiktif.

Vitamin dan mineral yang dibutuhkan otak : vitamin C, vitamin E vitamin B6, vitamin B12, dan magnesium. Tentunya dengankadar tertentu.

  1. Olahraga yang Teratur
Ketika anda berolahraga, pastinya jantung berdetak lebih cepat kan?? Nah, karna itu darah juga mengalir lebih cepat ke otak. Dengan kata lain itu dapat meningkatkan fungsi otak. Cukup berjalan santai selama 15-30 menit tiap harinya juga udah lumayan. Oh ya saya baru-baru ini aja menggemari olahraga renang, dan ternyata renang dapat mengencangkan otot dan meningkatkan kelenturan.

Jangan lupa melakukan pemanasan sebelum olahraga yang lebih berat, untuk mengurangi resiko kram dan cedera! Key?? Oya, kalo baru selesai olahraga, n masih keringatan, jangan langsung mandi, keringkan keringatmu dulu, yya kipasan ato jalan cari angin bentar dulu lah.. hoho..

Dua aja dulu yaa? Soalnya kalo kepanjangan dikira ceramah, dan bakal buat pemirsa tidur! Tunggu aja postingan berikutnya..!!



Related Post

3 komentar:

konsumsi makanan yang baik untuk otak, dan tambahan olah raga baik untuk kesehatan otak. Namun jangan lupa untuk mencegah radiasi efek teknologi seperti handphone dan laptop atau komputer juga bisa memperburuk kondisi otak...
Jadi usahain deh... jauhi pemakaian HP terlalu sering. pakai kabel lebih baik. Dan pakai pelindung radiasi sinar dari layar komputer..

Assalamu'alaikum.
Permisi Mas, perkenalkan saya Widodo. Saya mau mengajak mas tukaran link, karena sepertinya tulisan kita ada yang senada. Yaitu mengenai Menjaga Kesehatan Otak:

http://agungfarma.com/?p=103

Kalau mas berkenan untuk tukaran link, bisa hubungi saya di: 083181710859

Posting Komentar

Give Good Comment! DON'T Spam!

Follow Us