Name :
Web URL :
Message :

Sabtu, 31 Juli 2010

Pertolongan Pertama Saat Komputer Terinfeksi Virus Sality

infected by sality virusSekitar 3 minggu yang lalu (terhitung dari postingan ini), saat meng-extract download file berbentuk rar, kemudian mengeksekusi file berbentuk exe di dalamnya, saat itu juga saya menyadari bahwa saya telah melakukan tindakan yang berbahaya bagi jiwa dan raga(?) komputer saya. Ternyata saya mengklik file berisi virus SALITY..!! sungguh tindakan yang ceroboh,, hiks hiks. :’(

Efeknya saat itu komputer saya menjadi down bin lola, task manager dihilangkan, Avira dimatikan, firewall turn off dan sality tersebut menginfeksi beberapa file game berekstensi exe saya :’( huhu. Tapi untunglah tak menginfeksi file exe penting system gitu :( .

Setelah itu saya panik kan, so nyari tips menghilangkan virus sality di mbah google. Saya download semua software yang disarankan artikel seperti Sality Removal Tool yang lambangnya AVG lawas, NormanAV yang direkomendasikan vaksin[dot]com, Norton, dan RegCure. Tapi semua file tersebut sia-sia (baca : gak bisa menghapus si sality). Kemudian saya matikan komputer dan mencoba melaksanakan “Operasi Pemberantasan Sality” keesokan harinya.

Keesokan harinya, Avira dan Smadav berangsur ‘membaik’ dan mereka senjata yang akan memusnahkan virus sality itu.!! Siap untuk melakukan Operasi Pemberantasan Sality!! Dengan loading yang lama, saya melakukan operasi tersebut dengan sabarr -,- Berikut Software Helper yang membantu saya di operasi ini :

  1. XP Quick Fix Plus
Software yang satu ini memang bukan kategori Security, tapi untuk jaga-jaga and mem-fix error. Untuk lengkapnya silakan baca artikel ini. Saya gunakan software ini untuk me-enable task manager. Dan memang sangat ampuh!!

  1. Avira AntiVirus
Setelah menggunakan XP Quick Fix Plus tadi, saya men-scan seluruh komputer dengan Avira ini. Dan INGAT.! File yang talah terinfeksi sality gak bisa di-clean, hanya bisa di delete. Mau gak mau anda harus delete file yang terinfeksi. Walhasil saya hapus semua infected files dengan ni Avira demi terbebas dari serangan sality.

  1. Smadav
Gunakan smadav untuk mem-fix semua masalah registry (registry problem) yang ditimbulkan oleh sality. Kemudian scan seluruh komputer untuk memastikan anda benar-benar terbebas dari sality. (jangan men-scan komputer bersamaan dengan Avira, karena akan menyebabkan lag! Lambatt!)

  1. Ansav
Setalah men-scan seluruh komputer dengan smadav, lakukan scan lagi dengan Ansav. Dengan teknik Heuristic-nya, software ini masih bisa “mencabut” sality sampai ke akar-akarnya.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas reboot komputer, kalo masih belum yakin, scan ulang lagi. Good Luck bagi yang mencoba :D

NB : penulis tidak bertanggungjawab apabila cara di atas tidak berhasil, tetapi penulis sudah pernah mencoba dan hasilnya memuaskan.!



Related Post

1 komentar:

sep thx gan it's work for my kompi hahhaahah

Posting Komentar

Give Good Comment! DON'T Spam!

Follow Us