Name :
Web URL :
Message :

Jumat, 02 Desember 2011

Puasa Asy-Syura, Keutamaan dan Niatnya

Pengertian Puasa Asyura Niat Keutamaan
Puasa Asy-syura adalah puasa yang dilakukan pada tanggal 10 Muharram. Hukum puasa asy-syura ialah sunnah. Hadist Rasulullah SAW tentang puasa Asy-syura :

“Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai keutamaan puasa Arafah? Beliau menjawab, ”Puasa Arafah akan menghapus dosa setahun yang lalu dan setahun yang akan datang.” Beliau juga ditanya mengenai keistimewaan puasa ’Asyura? Beliau menjawab, ”Puasa ’Asyura akan menghapus dosa setahun yang lalu.”(HR Muslim)

Keutamaan Puasa Asy-syura dari hadist di atas ialah dihapusnya dosa-dosa (kecil) yang dilakukan setahun yang lalu. Hal ini semakin mantap apabila anda telah melakukan puasa Arafah tanggal 9 Dzulhijah lalu.

Oh iya niat Puasa Asy-Syura ialah Nawaitu sauma 'asyura Lillahi ta'ala. Bisa juga dengan menggunakan Bahasa Indonesia, "Saya niat puasa hari ’Asyura , sunnah karena Allah ta’ala".

Oleh karena bagus dan dianjurkannya puasa ini, yuk mari kita melakukan puasa ini! :D

Hadist penutup posting ini, “Puasa yang paling utama setelah (puasa) Ramadhan adalah puasa pada bulan Allah - Muharram. Sementara shalat yang paling utama setelah shalat wajib adalah shalat malam.” (HR Bukhari Muslim dari Abu Hurairah)

Tags : Keutamaan Puasa 10 Muharram, Niat dan Hukum Puasa Asy-Syura, Puasa sebagai Penghapus Dosa, Dosa Satu Tahun Dihapus, Pengertian Puasa Asy-Syura Adalah.



Related Post

9 komentar:

puasa di bulan apapun sangt baik, karena puasa itu melatih dri kita sndri dari hawa nafsu

kalau tanggal 9 nya gak puasa gapapa kan min?

terimakasih buat info nya ,ini adalah ilmu ..

informasi yang sangat inovatif dan penuh inspiratif. kebanyakan blog yang saya kunjungi isinya tidak sebagus ini. saya merasa puas dengan apa yang di sajikan dalam blog ini. thanks gan.

informasi yang sangat inovatif dan penuh inspiratif. kebanyakan blog yang saya kunjungi isinya tidak sebagus ini. saya merasa puas dengan apa yang di sajikan dalam blog ini. thanks gan.

Terimakasih atas infonya, sangat membaantu saya kembali mengingat puasa asy-syura dan keutamaannya :)
Teruskan berbagi ilmunya

Posting Komentar

Give Good Comment! DON'T Spam!

Follow Us