Name :
Web URL :
Message :

Minggu, 11 Juli 2010

Tips Melindungi Mata dari Radiasi Komputer

melindungi mata
Pernahkah anda merasa lelah setelah beberapa jam menatap layar komputer secara terus-menerus? Saya tebak pasti jawaban anda “pernah” ya kan, ya kan.? Sama seperti anggota tubuh yang lain, mata juga akan lelah kalau bekerja terus-menerus. Apalagi ada gelombang elektromagnetik yang ditimbulkan komputer, yang bisa mengganggu kesehatan.

Penelitian membutrikan bahwa gelombang elektromagnetik yang dihasilkan komputer dapat menyebabkan kelelahan mata dan gangguan mata lainnya. Mayoritas gejala yang dikeluhkan oleh responden adalah mata lelah, mata kering, dan pandangan menjadi kabur. Masalah atau gejala lainnya yang timbul adalah sakit kepala dan sakit bahu atau leher.


Kebetulan saya suka nonkrong di depan komputer (bagaimana dengan anda?) otomatis terkena gelombang elektromagnetik kan..? Bukan berarti kita gak boleh nongrong di depan komputer lagi hanya karna ada gelobang elektromagnetik tadi. Kita boleh tetap nongkrong kok, asal pake timing alias gak berlebihan (baca : kelamaan). Nih, ada tips untuk melindungi mata anda dari gelombang elektomagnetik komputer :

  1. Pakai filter pada monitor untuk mengurangi radiasi yang ditimbulkan komputer.
  2. Gunakan monitor LCD yang radiasinya rendah.
  3. Jaga jarak antara pandangan mata dengan monitor. Minimal 45 cm lah…
  4. Perbanyak mengkonsumsi vitamin A.
  5. Brightness komputer yang tidak terlalu terang, maupun tidak terlalu gelap.
  6. Istirahatkan mata sejenak. Mata akan capek kalau menatap monitor terus-menerus.
  7. Sering-sering mengedipkan mata agar mata tidak kering. Karena dengan mengedipkan mata, mata akan mengeluarkan air mata yang akan menyebar ke seluruh permukaan kornea untuk menjaga mata tetap lembab dan jernih.
  8. Periksakan ke dokter bila terjadi gangguan pada mata anda.

Setelah anda melakukan pencegahan terhadap gangguan mata, saya sarankan juga membaca Menjaga Otak Agar Tetap Sehat, dan tips lainnya.!



Related Post

3 komentar:

ARTIKEL MENARIK KANG titip link blog ya kang http://entertain4free.blogspot.com

Harus 4 jam sahaja, dalam sehari, duduk di depan pc.

namun, tips di atas adalah amat sesuai untuk mereka yang sedang belajar, atau kerja yang memerlukan lebih masa di depan pc.

Posting Komentar

Give Good Comment! DON'T Spam!

Follow Us